Langsung ke konten utama

BUKU MEDSEBA MEDITASI NUSANTARA KUNO by SETYO HAJAR DEWANTARA ( RESENSI BUKU )


Resensi Buku Medseba, Seni Meditasi Nusantara Kuno


                                              Oleh : Kadita Putri 



Hallo.... Selamat Datang kembali di Resensi Buku ala Kadita Putri. Kali ini buku yang akan Saya resensi adalah buku bertemakan Spiritual, yakni Medseba, seni meditasi Nusantara Kuno. Satu hal yang buat saya tertarik untuk meresensi buku ini adalah karena buku ini unik dan saya suka. Oke, supaya tidak kepanjangan langsung saja kita baca bersama. Selamat membaca!

Judul : MEDSEBA ( Meditasi Nusantara Kuno )
Penulis          : Setyo Hajar Dewantoro
Penerbit       :Javanica
Tahun Terbit : 2016
Tebal : 256 Halaman
No ISBN : 978-602-6799-17-3

Sinopsis :
Medseba adalah formula meditasi yang digali dari ajaran leluhur Nusantara Kuno yang sangat kaya. Medseba menawaran wawasan spiritual yang praktis dan membumi. Medseba berbeda dari buku-buku spiritual lain yang sering kali terlalu abstrak dan cenderung membuat manusia menjauh dari kehidupan duniawi. Tetapi, Medseba juga melampui buku-buku pemberdayaan diri pada umumnya, yang sering kali hanya berkutat pada kekuatan pikiran dan menawarkan wawasan kehidupan yang materialistik. Medseba memandu siapapun yang melampui spiritualitas yang progresif demi terwujudnya kehidupan yang cemerlang dan penuh sukacit. Sea=cara spesifik, Medseba membantu untuk:
Menemukan pola meditasi yang sesuai dengan diri Anda untuk membuahkan pencerahan, kedamaian, dan kebahagiaan.
Menata DNA serta meng-upfrade perangkat diri Anda : nalar, rasa, dan karsa.
Terhubung dengan sang Guru Sejati di dalam diri.


ISI BUKU :
Buku Medseba ini terdiri dari enam bagian, atau enam bab. Ringkas nya seperti ini:

BAGIAN 1 Tentang Kosmologi Nusantara Kuno

Pada bagian awal atau bagian satu ini, seperti nya penulis buku ingin mengajak para pembaca untuk mengetahui terlebih dahulu konsep dari Tuhan, Alam Semesta dan Manusia secara manuskript Nusantara Kuno. Perlu diketahui, sesuai dengan judul buku ( tentang Nusantara Kuno ) maka isi buku Medseba ini sudah jelas akan mengupas dari sudut pandang pengetahuan Nusantara kuno. Kemungkinan besar, penulis sengaja menyajikan kosmologi Nusantara Kuno ini supaya para pembaca mengetahui asal pokok dari teori Meditasi Nusantara Kuno sebelum pembaca - membaca lebih lanjut tentang Meditasi Nusantara Kuno. Bagian ini pun menjelaskan bagaimana perkembangan manusia di dalam kandungan Ibu.

BAGIAN II Mengenal Diri

Bagian ini penulis buku Medseba memaparkan tentang hal-hal yang perlu diketahui mengenai diri sendiri, ternyata Nusantara Kuno telah mengkaji diri manusia. Hal yang perlu di ketahui tentang diri manusia adalah; Hingsun, Rasa Sejati, Perasaan Manusia, Energi Manusia, dan Cetak Biru Manusia. Saya sendiri amat tertarik pada sub bab energi manusia dan cetak biru manusia, kenapa? Karena pada sub bab ini saya mengetahui bahwa manusia memiliki cetak biru atau rancangan untuk menjalankan misi tertentu yang unik pada setiap manusia. Yang lebih mengejutkan nya lagi, ternyata cetak biru manusia di sandikan dalam Asam Nukleat yang menyimpan semua informasi genetika.

BAGIAN III Tuntunan Laku

Nah, barulah pada bagian ini, penulis memaparkan tentang tuntunan laku berdasarkan dari seni Nusantara Kuno. Yakni : Laku Nusantara Kuno, Laku Kedjawen Sayekti, Meditasi 02, Melejitkan Kecerdasan Rasa Sejati, Teknologi 5 Jari, Chanting Meditation, Meditasi 4 Patrap, Metode Infinity, Cara Terhubung Dengan Guru Sejati.

BAGIAN IV Menyingkap Misteri Kehidupan

Bagian ini agak menegangkan menurut saya, sebab pada bgian ini penulis memaparkan hal-hal yang di luar nalar atau hal yang sebelumnya belum kita ketahui. Namun, bagian ini justru sarat sekali dengan hikmah dan pengetahuan yang dapat kita petik menuju insan yang berkesadaran. Isi dari bagian ini adalah : Jiwa Yang Langgeng, Perjalanan Bagi Sang Jiwa, Surga dan Neraka, Perjalanan Melampaui Batasan Ruang dan Waktu, Misteri Pertemuan dengan Leluhur dan tentang Adam dan Hawa.

BAGIAN V Seni Hidup Bahagia

Pada bagian ini, penulis memaparkan kunci bagaimana kita mendapatkan hidup bahagia. Yang diantara nya adalah : Sadarilah Diri Yang Merdeka, Melampaui Penderitaan, Bangkit Dari Keterpurukan, Formula Sukses, Melampaui Dualitas, Menjadi Pekerja Kasih, dan Kekuatan Kasih.
Untuk mencapai kehidupan yang berbahagia perlu nya penyadaran diri sendiri yang merdeka, seberat apapun penderitaan kunci nya adalah kesadaran diri sendiri dengan selalu terhubung dengan Rasa Sejatinya. Dikarenakan setiap pribadi memiliki misi unik yang terangkum dalam cetak biru, ini adalah talenta yang terdapat pada diri seseorang.
Di setiap sub bab pada bagian ini, penulis memberikan langkah-langkah pengupayaan diri dengan membimbing pembaca menggunakan daya dan kekuatan diri sendiri untuk menuju hidup bahagia dengan mengandalkan Rasa Sejatinya.

BAGIAN VI DIVINE HEALING

Di penghujung bagian terakhir, penulis memaparkan bimbingan kepada para pembaca untuk menyembuhkan diri sendiri dan orang lain baik penyembuhan sakit fisik, metafisik dan penyembuhan sakit emosi.
Daya kosmik atau energi ketuhanan yang memancar dari pusat hati memiliki fungsi penyembuhan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Penyembuhan pola inilah yang disebut Divine Healing yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk mendapatkan penyembuhan. Tentu saja agar kita dapat mendapatkan energi ketuhanan ini diperlukan ketekunan kita dalam melatih meditasi, terutama meditasi 02, yang sebagaimana telah di paparkan penulis pada bagian tiga.

KELEBIHAN BUKU :

Dari segi kualitas cetakan buku, menurut saya, buku ini di cetak dengan rapih sehingga tidak mudah robek serta cover nya yang menjual membuat buku ini memiliki daya tarik untuk di miliki. Dari segi kualitas isi buku, buku ini memiliki kualitas isi yang berbobot. Sepertinya saya sepakat prakata penulis pada sinopsis, yang menyebutkan keunggulan buku Medseba ini adalah tidak sama dengan buku spiritual lainnya yang terlalu abstrak dan menjauhi kehidupan duniawi. Menurut saya, buku Medseba ini memang membuka wawasan kita untuk tetap berspiritual namun tetap tidak meninggalkan duniawi kita.

KEKURANGAN BUKU :

Over all, menurut saya buku ini hampir tidak ada kekurangan baik dari segi cetakan atau isi buku. Namun, sepertinya praktik meditasi sebagaimana yang di paparkan oleh penulis tidak semua orang dengan mudah dapat mengikutinya, perlu bimbingan lebih lanjut dan intens. Serta bahasan isi buku ini, menurut saya, diperlukan pikiran yang open minded. Sebab banyak bahasan yang mungkin sebagian orang tidak memahami nya atau bahkan tidak setuju. Namun, justru ini adalah ke-otentikan dari buku Medseba ini.

KESIMPULAN:
Saya merekomen-kan kepada Anda yang memiliki ketertarikan pada bidang spiritual tanpa melihat latar belakang Anda. Siapapun dapat memiliki dan memahami buku ini. Buku ini pun dapat dijadikan sumber pengetahuan kita tentang keluhuran Nusantara Kuno. Selain itu, buku ini membimbing kita untuk menyadari dan selalu terhubung dengan Rasa Sejati.
Segera miliki buku ini dengan mendapatkan nya di toko buku terdekat atau bisa secara online.


Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat 🤗

Komentar

  1. Terimakasih banyak infonya.. mau beli tapi masih ragu.. tapi kayanya menarik untuk di baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kak, silakan dimiliki, buku ini bagus untuk dipelajari

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISAH KEN AROK SANG BRAHMAPUTRA - Damar Shashangka ( sebuah review novel )

  REVIEW BUKU KEN ANGROK SANG BRAHMAPUTRA                                                                                                          Gambar milik pribadi                                   SINOPSIS : Pada akhir abad ke-12, saat kecamuk antara Janggala dan Panjalu memuncak, lahir seorang anak dari wanita sudra cantik di Pangkur, Tumapel. Anak itu bernama Angrok,, leluhur kerajaan Singhasari dan Majapahit. Sejak dalam kandungan, kehadiran nya telah memakan korban. Gajahpara sang ayah tiri mati terbunuh. Semakin diyakinilah bahwa Angrok adalah Lembu Peteng . Sosok berdarah ksatria beribu sudra, tanpa diketahui khalayak siapa rama kstarianya. Ketika lahir, Anggrok memiliki toh di perut, ciri yang juga sama dimiliki sang mendiang ayah tiri. Tak ingin ditumpas oleh sang rama, Ni Endhog sang biyang , membuang Angrok di pekuburan anak Kabalon. Jabang bayi itu kemudian ditemukan oleh Ki Lembong, seorang pencuri yang kebetulan sedang beraksi di kebuyutan yang menjadi pusat ke

Kekuatan Tersembunyi Sikap Pasrah-Letting Go (Sebuah Resensi)

Letting Go - Kekuatan Tersembunyi Sikap Pasrah                                                                                                                               dokumentasi pribadi   Judul                    : Letting Go Penulis                : David R.Hawkins Penerjemah      : Shalahudin GH Penerbit              : Javanica Tebal                     : 424 Halaman Cetakan I            : Juni 2020 ISBN                     : 978-6026-799548       Letting Go KEKUATAN TERSEMBUNYI SIKAP PASRAH!   SINOPSIS : Letting GO adalah sebuah buku monumental yang menjelaskan cara paling efektif untuk menyirnakan berbagai hambatan batin menuju pencerahan. Setelah didera puluhan penyakit kronis yang tak tersembuhkan oleh metode medis, Dr.Hawkins memasrahkan semua penyakitnya hingga satu per satu sirna. Hampir semua penyakit fisik dan mental disebabkan oleh emosi-emosi negatif yang terpendam di alam bawah sadar. Ketika emosi-emosi itu dilepaskan melalui sikap p